Jumat, 28 Desember 2012

Faktor yang berpengaruh dengan pendapatan sebuah

Faktor2 yang mempengaruhi pendapatan sebuah blog

Jelas sekali bahwa pendapatan tidak hanya berdasarkan pada faktor trafik saja. Beberapa berikut ini semoga dapat menambah wawasan anda:

1. Jumlah Trafik - Trafik bukan satu2nya faktor yg mempengaruhi pendapatan- tapi trafik sangat berpengaruh pada pendapatan anda. Dalam penggunaan metode langsung ataupun metode tidak langsung, anda akan meningkatkan potensi pendapatan anda jika trafik anda meningkat.

2. Sumber Trafik - Tentu saja tidak semua trafik adalah sama dalam hal ini. Seperti yg sy bahas dalam postingan sebelumnya, trafik blog pada umumnya berasal dari 3 sumber - Pembaca setia (termasuk RSS), Search Engines dan Refferral Trafik (dari site lain).

Setiap tipe trafik memiliki dampak yg berbeda terhadap potensi pendapatan anda, tergantung strategi mencari uang anda. Mari kita lihat satu persatu :

* Pembaca Setia - Pembaca setia adalah suatu hal yg menyenangkan dalam memiliki sebuah blog karena mereka dapat menambah perasaan komunitas dan partisipasi. Mereka sangatlah berpotensi akan menghasilkan uang bagi anda jika anda menggunakan metode tidak langsung. Menurut sy - konsultasi, berbicara dan mengembangkan produk2 utk dijual - kebanyakan hal ini hanya datang dari pengembangan / peningkatan relasi / hubungan antara blog dan pembaca.

Pembaca setia juga banyak diketahui akan merespon program2 afiliasi sebagai akibat kepercayaan dan hubungan yg telah anda bangun bersama mereka. Semakin lama dan semakin setia pembaca anda, maka semakin mempengaruhi keputusan mereka atas semua rekomendasi anda atas sesuatu.

Sisi buruknya - pembaca setia umumnya tidak suka akan adanya iklan dalam segala bentuk. Ketika pembaca melihat blog anda dipenuhi iklan secara membabi buta, mereka akan segera berpaling dari anda, kecuali anda medesign dan mengatur iklan2 tsb secara kreatif sehingga tidak menyolok.

* Pembaca Search Engine - pembaca yg datang ke blog anda setelah mereka mencari sebuah keyword yg anda gunakan, adalah tipe yg sangat berbeda dari tipe "pembaca setia". Pendapat umum adalah pengunjung yg berasal dari SE seringkali hanya berkunjung secara "singkat" saja. Tipe pengunjung ini mencari informasi spesifik dan jika menemukannya, mereka akan tinggal sedikit lebih lama utk membacanya, tetapi jika tidak, mereka cenderung utk meng-klik link lain yg terlihat memiliki informasi yg mereka inginkan,

Ini membuat mereka menjadi kebalikan dari pembaca setia dalam penggunaan metode tidak langsung. Sangatlah sulit utk membangun profil dan kredibilitas diri anda jika orang2 hanya berkunjung dan membaca dalam waktu kurang dari 10 detik saja (kecuali anda dapat mampu membuat mereka datang kembali).

Tipe pengunjung SE lebih responsif terhadap metode langsung karena mereka lebih tertarik melihat iklan anda (jika diletakkan dan didesign dengan baik) dan mereka secara aktif mencari informasi dan sesuatu utk di klik yg mgkn dapat memberikan apa yg mereka cari. Hal ini cocok jika anda memasang iklan kontekstual seperti misalnya google adsense yang akan menampilkan iklan yg sesuai dengan topik yg anda tulis.

Utk link2 program afiliasi - Trafik dari SE jarang sekali meng-klik link ini. Mereka akan meng-klik atau tidak tergantung dari topik yg anda tulis.

* Refferral Trafik - Sulit utk menentukan termasuk kategori apakah tipe trafik ini karena tergantung pada tipe refferal site itu dan bagaimana site tsb me-link url blog anda.

4. Sumber Income - Metode yg anda gunakan utk me-"monetize" blog anda berpengatuh atas pendapatan anda. Ini sangat jelas, sehingga sy tidak lagi membahas terlalu jauh.

5. Topik - Dalam 3 contoh blog di atas, kapasitas perbedaan pendapatannya secara garis besar disebabkan oleh perbedaan topik masing2 blog.

* Blog A memiliki topik yg terfokus pada 1 spesialisasi sehingga tidak banyak menarik banyak trafik. Di lain pihak, blog ini memiliki keyword yg nilai per klik nya tinggi dari iklan kontekstual yg ditampilkan, dan juga sesuai dengan topik yg dibahas. Akibatnya total pendapatannya lumayan besar meski memiliki trafik yg rendah.

* Blog B memiliki topik yg populer, tapi hanya sedikit sponsor yg tertarik utk menggunakan keyword2 itu dalam sistem iklan kontekstual. Akibatnya adalah CTR nya rendah dan nilai per klik nya juga rendah. Blog ini juga memiliki trafik yg cukup utk mendapatkan uang melalui iklan yg berdasar pada jumlah klik tertentu (impression based ads). Alhasil blog ini menghasilkan uang lebih sedikit daripada blog A meskipun memiliki trafik yg lebih banyak.

* Blog C juga memiliki topik yg populer yg mana tidak banyak menghasilkan uang dari iklan kontekstual. Tetapi blog ini memiliki reputasi yg bagus sehinnga rekomendasinya atas program2 afiliasi direspon dengan baik oleh pembacanya.

Mengapa topik berpengaruh ?

* Iklan kontekstual - topik yg berbeda dan keyword berdasar topik akan memicu iklan yg berbeda dalam program iklan kontekstual dan akibatnya hasilnya akan berbeda berdasarkan nilai per klik nya.

* Program2 Afiliasi - Topik yg berbeda terbuka bagi potensi pendapatan yg berbeda pula dalam program2 afiliasi. Contohnya blog tentang buku2 yg menggunakan program Amazon biasanya memberikan komisi yg kecil per penjualan karena rata2 harga buku adalah $20 dan Amazon memberikan 5-8% saja. Di lain sisi ada pula publisher yang memiliki topik financial website game dalam blognya yg memasang program afiliasi yg dapat membayar $100 per penjualan.

* Metode Tidak Langsung - Kesempatan yg berbeda akan muncul bagi para blogger dengan profile yg berbeda2. Contohnya : Seorang blogger yg memiliki blog yg mereview film2 mgkn tidak memiliki banyak permintaan atas konsultasi tetapi dapat menemukan cara utk melakukan "syndicate" pada website majalah / surat kabar.

6. Umur Blog - Anggur yg baik semakin enak rasanya bersamaan dengan berlalunya waktu. Ada banyak alasan mengapa ini menjadi masalah dan ketika beberapa blog terlihat menonjol dari nol tiba2 mendominasi dunia blog - yg lainnya tidak. Ini beberapa alasan mengapa blog cenderun semakin baik dengan berlalunya waktu:

* Jumlah Isi Blog - Jangan mengharapkan banyak trafik yg akan datang pada blog anda kecuali anda memiliki cukup isi dalam archieve blog anda. Tentu saja kualitas isi sangat penting, tetapi setidaknya blog anda juga harus memiliki sejumlah artikel yg cukup bagi pembaca.
* Jumlah Isi Blog - Jangan mengharapkan banyak trafik yg akan datang pada blog anda kecuali anda memiliki cukup isi dalam archieve blog anda. Tentu saja kualitas isi sangat penting, tetapi setidaknya blog anda juga harus memiliki sejumlah artikel yg cukup bagi pembaca.
* Optimisasi Search Engine - Selain beberapa ahli SEO meng-klaim bahwa mereka mampu membuat site anda berada pada posisi teratas dalam Search Engine dengan cepat (dan beberapa memang bisa), memperoleh rangking yg tinggi melalui metode yg legal adalah membangun dan mengembangkan site terus menerus (membutuhkan waktu). Naiknya ranking di Search Engine adalah akibat dari banyak hal termasuk content (isi) yg bagus. yg mendapatkan link dari site lain - keduanya ini memerlukan waktu dan kerja keras.
* Reputasi - Membangun profile dan keberadaan online membutuhkan waktu seperti halnya dalam kehidupan nyata. Orang2 melihat konsistensi dalam blogging anda dari waktu ke waktu dan ingin melihat anda tidak hanya berbicara saja tetapi juga mempraktekkan apa yg anda katakan. Jika anda melakukan hal ini, maka anda pembaca anda akan terus bertambah.
* Network - Terhubung dengan blog yg memiliki reputasi bagus akan mendatangkan kesempatan memperluas network.
* Keahlian Web - Ketika org baru mulai nge-blog, umumnya blognya akan terlihat sederhana, jelek dan sangat tidak informatif. Mereka masih harus belajar banyak tentang web, blog, design, menulis dall - tetapi dengan berjalannya waktu, maka kemampuan akan juga bertambah (jika konsisten belajar). Anda dapat membaca buku, blog dan artikel yg sesuai dengan topik blog anda - tetapi apa yg dapat anda pelajari tentang blogging utk uang hanya datang dari pengalaman - yg mana memerlukan waktu.

7. Waktu yg diinvestasikan - Terakhir saya menambahkan bahwa waktu yg diinvestasikan adalah faktor yg juga patut dipertimbangkan. Semuanya tidak terjadi hanya dalam semalam saja. Semakin banyak yg anda peroleh, semakn banyak waktu yg dapat anda sisihkan dan semakin banyak waktu yg anda sisihkan, semakin banyak yg akan anda peroleh.

Jadi, berapa banyak uang yg dapat dihasilkan sebuah blog ?

Mungkin cara terbaik utk mengetahuinya adalah mulailah melakukan blogging dan berusaha sebaik mgkn. Berikan waktu beberapaa bulan utk merasakan topik yg anda tulis dan lihat bagaimana itu berjalan. Ketika anda merasa bahwa batas beberapa bulan itu tidaklah cukup - Itu cukup utk mengetahui apakah topik tersebut mampu anda kembangkan, berapa nilai klik dan CTR iklan kontekstual yg sesuai dgn topik anda, bahkan tipe pembaca apa yg menjadi target anda. Jika terlihat tanda2 positif, luangkan lebih banyak waktu bagi blog anda - jika tidak, pertimbangkan utk membuat yg lainnya.
dikutip dari http://indo-problogger.blogspot.com/2007/01/berapa-banyak-uang-yg-dapat-dihasilkan.html